Selasa, 22 September 2015

Input Scanner pada Java

Hai, sobat. Pada post pertama dalam blog ini saya akan membahas input scanner pada java. langsung saja kita simak penjelasannya. J


Nah, itu dia hasil percobaan saya menggunakan input scanner dalam java. Dapat kita lihat pada halaman kerja baris pertama terdapat “import java.util.Scanner;” syntax ini bertujuan untuk memasukan fungsi Scanner pada program. Setelah itu kita akan bertemu public class, tentu para reader sudah mengerti apa itu public class. Kemudian, langsung saja pada inti yang harus kita masukkan/rintis. Tentu yang pertama kita tulis ialah “Scanner sc = new Scanner (System.in);” disini syntax tersebut berfungsi sebagai membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat, misal disini saya membuat data scan, saya lambangkan dengan SC. Setelah itu “int harga, jumlah, total;” saya menginginkan input data berupa angka, maka saya menggunakan perintah interger dengan nama perwakilan seperti itu. Lalu “System.out.println("masukkan harga barang =");” saya memberi perintah untuk memasukkan harga barang. Lalu, “harga = sc.nextInt();” disini menunjukkan bahwa input scanner dengan nama data harga. Begitu untuk jumlah barang. Setelah rumus jumlah barang, akan ada “total = harga * jumlah;” disini menujukkan bahwa saya memerintah untuk data total didapatkan dengan mengalikan data harga dan data jumlah. Setelah itu yang terakhir, “System.out.println("total harga barang Rp "+ total);” disini untuk menampilkan hasil seluruh perintah diatasnya.

Untuk memperkuat bahwa percobaan saya berhasil, maka akan saya tampilkan proses menjalankannya.



Itu adalah hasil percobaan yang saya abadikan. dan ini adalah penulisan syntax hasil output diatas.
 "  Scanner sc = new Scanner (System.in);      int harga, jumlah, total;      System.out.println("masukkan harga barang =");      harga = sc.nextInt();      System.out.println ( "masukkan jumlah barang =");      jumlah = sc.nextInt();      total = harga * jumlah;      System.out.println("total harga barang Rp "+ total);      }          }"
Dan itulah sedikit pengetahuan dari saya. mohon pengkoreksiannya lagi bagi para reader yang sudah master dalam hal ini (jika membaca). J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar