Selasa, 29 September 2015

Input Scanner Fitur Diskon pada Java

Halo, selamat malam. Pada post kali ini saya akan menambahkan fitur pada posting pertama saya, yang akan saya tambahkan adalah fitur diskon pada fitur diskon ini saya menggunakan rumus “if else”. fitur diskon ini mempunyai ketentuan sebagai berikut :
  1. Jika total bayar lebih dari Rp 50000, maka akan mendapat diskon 5%
  2. Jika total bayar lebih dari Rp 100000, maka akan mendapat diskon 10%
  3. Jika total bayar lebih dari Rp 200000, maka akan mendapat diskon 15%
  4. Jika jumlah barang yang di beli lebih dari 50, maka akan mendapat diskon 5%
baik, tidak usah berpanjang lebar ini adalah hasil kerjaan saya :


Baik, itu adalah halaman kerja saya pada neatbeans. untuk source codenya akan saya tampilkan. untuk awal masih sama seperti post yang pertama namun akan ditambahkan sedikit rumus dan source code.
Scanner sc = new Scanner (System.in);
       
        int harga;
        int jumlah;
        int total;
        int totaldis = 0;
        int totaldiskon;
      
        System.out.println("masukkan harga barang =");
        harga = sc.nextInt();
        System.out.println ( "masukkan jumlah barang =");
        jumlah = sc.nextInt();
        total = harga * jumlah;
        System.out.println("total harga barang Rp "+ total);
       
        if (total >= 200000) {
            totaldis = (total * 85/100);
            System.out.println("Total setelah diskon Rp "+ totaldis);
        }else if (total >= 100000) {
            totaldis = (total * 90/100);
            System.out.println("Total setelah diskon Rp "+ totaldis);
        }else if (total >= 50000) {
            totaldis = (total * 95/100);
            System.out.println("Total setelah diskon Rp "+ totaldis);
        }
       
        if (jumlah >= 50) {           
            totaldiskon = totaldis * 95/100;
            System.out.println ("Jumlah barang anda lebih 50, maka anda mendapat diskon 5 % = Rp "+ totaldiskon );
        }   
    }
}
Nah, itu adalah source code buatan saya. Untuk pembuktian silahkan aplikasikan source code di atas. Sekian. Selamat Mencoba. Terima Kasih. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar